Thursday 18 October 2018

Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Di Percetakan Digital Printing

Contoh Laporan PKL Praktik Kerja Lapangan / Prakerin Praktik Kerja Industri di Percetakan Digital Printing
Bagi anak SMK pasti akan menjalankan suatu kegiatan wajib yaitu PKL / Prakerin, dan untuk anak SMK Jurusan Multimedia, Desain Komunikasi Visual,  pasti akan PKL ke Industri Percetakan ataupun Desain Grafis, nah dikesempatan ini saya akan membagikan contoh Laporan PKL di Percetakan Digital Printing, berikut artikel nya...



LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PERIODE I : 4 JULI 2017 s/d 31 AGUSTUS 2017
DI HERO DIGITAL PRINTING & ART


Di Susun Oleh:
1. ILHAM SHOLEH (XI MM 4 / 11)
NIS: 01262
2. YUSRIL DIMAS PUTRA PERDANA (XI MM 4 / 31)
NIS: 01282

KOMPETISI KEAHLIAN MULTIMEDIA
SMK NEGERI 6 SUKOHARJO
TAHUN 2017

PENGESAHAN
Judul Laporan : Praktik Kerja Industri di Hero Digital Printing
Nama Siswa : 1. Ilham Sholeh (XI MM 4 / 11)
2. Yusril Dimas Putra Perdana (XI MM 4 / 31)
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Paket Keahlian : Multimedia
Telah disahkan pada hari ...................... tanggal .......................

Pembimbing DUDI,
Purwanto
Sukoharjo, September 2017

Guru Pembimbing,
Betty Resmi Handayani, S.Kom
NIP. 19820107 200604 2 018

Mengetahui,
Ketua Program Keahlian
Riyanto Dwi Utomo, S.Kom
NIP. 19800414 201001 1 026

MOTTO
1. Kehidupan lebih nyata karena tantangan.
2. Segala sesuatu yang dilakukan dengan rendah hati itu bukan berarti
rendah diri.
3. Sikap adalah cermin masa depan.
4. Sesuatu beban bukanlah untuk di jadikan pikiran karena dalam sebuah
masalah tersimpan segudang keajaiban.
5. Harapan akan menjadi nyata, jika dilakukan dengan keikhlasan dan
kesabaran.
6. Ilmu tanpa pengalaman bagaikan pohon tanpa buah
7. Selalu ikhlas, ikhtiar, serta tawakal dalam meraih kesuksesan

PERSEMBAHAN
Laporan Praktik Kerja Industri ini penulis persembahkan kepada :
1. Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah dalam menyelesaikan
laporan ini.
2. Kedua orang tua yang telah merawat dan mendidik penulis dari lahir hingga
sampai saat ini serta nafkah yang selama ini yang mereka berikan sehingga
penulis dapat tumbuh dan berkarya seperti ini sesuai dengan bakat.
3. Kakak dan adik yang tercinta, sebagai penyemangat dalam melewati hari-
hari dalam keadaan senang maupun sedih.
4. Teman-teman yang telah menemani dengan penuh semangat dan pantang
menyerah.
5. Keluarga beasr SMK N 6 SUKOHARJO, tempat untuk menimba ilmu penulis
disegala pengetahuan, dari yang semula tidak tahu menjadi lebih tahu.
6. Pimpinan Prakerin serta pembimbing industri Hero Digital Printing yang telah
menerima penulis untuk mempraktikkan ilmu yang penulis miliki serta
menuntut ilmu dalam pelaksanaan Prakerin.

KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberian nikmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan Prakerin dengan lancar tanpa suatu hambatan serta laporan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Laporan ini dibuat sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktik Kerja Industri di Hero Digital Printing & Art. Laporan ini dibuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing, baik secara materi maupun teknis. Oleh karena itu penulis selaku penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Bapak Rokhani, selaku Kepala Sekolah SMK N 6 Sukoharjo. yang mana telah memberikan fasilitas untuk pembelajaran disekolahan. sehingga pembelajaran menjadi lebih akurat dan nyaman, atas fasilitas yang telah diberikan penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Rokhani.
2. Ibu Bety Resmi Handayani, selaku Pembimbing dari SMK N 6 Sukoharjo. yang telah mendampingi sebagai pembimbing saat penulis Praktik Kerja Industri, dan yang telah memberikan informasi tentang sekolahan. atas bimbingannya penulis ucapkan rasa terima kasih.
3. Bapak Purwanto, selaku pimpinan instansi. Penulis ucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Purwanto yang telah memberikan ijzin untuk menengerjakan Praktik Kerja Industri ditempat Bapak, serta yang telah memberikan pengalaman baru tentang bekerja dan berbagai macam ilmu yang belum pernah penulis dapatkan disekolah.
4. Dan kepada kedua Orang Tua yang telah memberikan do’a, dukungan, dan dorongan kepada penulis. sehingga penulis dapat melaksanakan Praktik Kerja Industri dengan baik berkat do’a dari kedua orang tua. 
Karena itu penulis ucapkan terima kasih. Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak kekurangan, baik dari segi kualitas atau kuantitas maupun dari ilmu pengetahuan yang penyusun kuasai. Oleh karena itu, selaku penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun untuk memperbaiki dan menyempuranakan pembuatan laporan atau karya tulis dimasa mendatang, serta memohon maaf atas kekurangannya. Atas perhatian dan waktunya, penulis ucapkan terimakasih.
Penulis

DAFTAR ISI
Halaman Judul ............................................................................................... i
Pengesahan ................................................................................................... ii
Motto ............................................................................................................ iii
Persembahan ................................................................................................ iv
Kata Pengantar ............................................................................................. v
Daftar Isi ...................................................................................................... vi
Daftar Bagan ................................................................................................ vii
Daftar Gambar ............................................................................................. viii
Bab I Pendahuluan …................................................................................... 1
I.1 Latar Belakang ........................................................................................ 1
I.2 Tujuan ..................................................................................................... 1
I.3 Manfaat ................................................................................................... 2
Bab II Pelaksanaan Kegiatan ……................................................................ 3
II.1 Gambaran Umum Tempat Prakerin ....................................................... 3
II.1.1. Sejarah Singkat……………………………………………..………. 3
II.1.2. Visi dan Misi……………………………………………...………… 3
II.1.3. Logo Perusahaan dan Arti Logo….……………….……………..…. 4
II.1.4. Struktur Organisasi Perusahaan....………………………….....……. 4
II.2 Uraian Kegiatan ..................................................................................... 4
II.2.1. Frondeks……………………………….....….......…………………. 4
II.2.2. Desain………………………………….….….…….………………. 5
II.1.3. Produksi….…………………………………...…….………………. 5
II.3 Jadwal Kegiatan .................................................................................... 5
II.3.1. Jam Kerja.………………………………….…...….………………. 5
II.3.2. Jurnal Kegiatan..………………………….………..………………. 5
Bab III Pembahasan .................................................................................... 6
III.1 Kajian Teori ........................................................................................ 6
III.2 Implementasi ...................................................................................... 8
Bab IV Penutup …..................................................................................... 17
IV.1 Kesimpulan ........................................................................................ 17
IV.2 Saran .................................................................................................. 17
Daftar Pustaka ........................................................................................... 18
Lampiran ................................................................................................... 19

Daftar Bagan
Bagan 2.1. Struktur Organisasi Perusahaan ……………...……………… 4

DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1. ..Logo Hero Digital Printing.................................................. 4
Gambar 3.1. ..Kotak dialog Create New Document .................................. 8
Gambar 3.2. ..Mengisi nama, kontak, deskripsi, dan alamat...................... 9
Gambar 3.3. ..Pewarnaan dan menambahkan gambar ............................... 9
Gambar 3.4. ..Memberi background .......................................................... 9
Gambar 3.5. ..Menggabungkan Objek ...................................................... 10
Gambar 3.6. ..Dokumen A3 Extension ..................................................... 10
Gambar 3.7. ..Membuat garis potong ....................................................... 10
Gambar 3.8. ..Setting garis potong ........................................................... 11
Gambar 3.9... Setting layout ..................................................................... 11
Gambar 3.10. Memotong kartu nama ....................................................... 12
Gambar 3.11. Packing kartu nama kedalam box ...................................... 12
Gambar 3.12. Kotak dialog New Document .............................................13
Gambar 3.13. Import gambar ................................................................... 13
Gambar 3.14. Memberikan foto dan teks ................................................. 13
Gambar 3.15. Memberikan outline pada teks .......................................... 14
Gambar 3.16. Copy Marged ..................................................................... 14
Gambar 3.17. Setting Layout ................................................................... 15
Gambar 3.18. Menempelkan desain mug …...........………..…………… 15
Gambar 3.19. Memasukkan ke dalam mesin press ……….……………. 16
Gambar 3.20. Packing mug ke dalam box .………....……..……………. 16


BAB I
PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang
Berdasarkan kenyataannya, banyak lulusan perguruan tinggi yang tidak memiliki keahlian seperti yang diharapkan, kekurangan akan pengalaman praktik di dunia industri menyebabkan mereka belum siap kerja. Untuk itu, setiap siswa-siswi lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja. Salah satu cara untuk mengisi kesenjangan tersebut dengan melaksanakan Praktik Kerja Industri sebagai pengalaman peserta didik sebelum memasuki dunia kerja yang nyata dan berbeda dengan dunia pendidikan.
Dunia kerja merupakan titik lanjut dari apa yang mereka dapatkan dari kegiatan sekolah untuk diterapkan pada pekerjaan yang kelak akan dituju. Pempraktikan ini merupakan ilmu yang sungguh sangat penting bagi siswa, karena dalam dunia kerja sudah dituntut sebagai pribadi yang profesional terhadap apa yang menjadi tanggung jawabnya didunia kerja nantinya.
Oleh karena itu, setiap lembaga pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan  harus mampu meluluskan siswa yang sudah siap kerja, baik secara materi maupun psikis. Dengan melakasanakan PRAKERIN, sudah tentu menambah wawasan serta pola pikir dari praktik itu sendiri.
I.2. Tujuan
Tujuan secara umum adalah untuk memperkenalkan peserta didik dalam dunia kerja dari suatu perusahaan ataupun lapangan pekerjaan, serta memberikan pengalaman bagi siswa hal – hal yang belum pernah didapat disekolahan, sedangkan secara khususnya kerja industri di Hero Digital Printing adalah sebagai berikut :
1. Mempraktikan ilmu yang didapat selama studi.
2. Akan mendapatkan sesuatu hal baru dalam dunia kerja berupa ilmu yang bermanfaat  
3. Menambah ilmu dan wawasan dalam dunia design grafis, mulai dari teknik pebuatan objek, teknik pewarnaan, tata letak desain dan memperhatikan hasil yang jelas maupun enak dipandang orang lain. memahami manajemen komunikasi yang baik serta belajar bekerja dalam suatu Teamwork yang baik disamping itu melatih mental, kemandirian, kedisiplinan, serta tanggung jawab siswa.
4. Modal pengalaman untuk mendirikan usaha sejenis.
I.3. Manfaat
Kerja industri merupakan inti pokok keberhasilan siswa dalam mempraktikkan pelajaran yang telah didapatkan di sekolah yang terkait. Pelaksanaan praktik kerja industri memberikan manfaat yang sangat besar dan berharga baik dari pihah siswa, pihak perusahaan yang dituju maupun dari instansi pendidikan.
Adapun manfaat dari kerja industri sebagai berikut :
I.3.1. Bagi Siswa
1. Melatih penyesuaian diri terhadap dunia kerja, melatih mental, menambah pengetahuan dalam dunia kerja dan menambah wawasan yang luas serta ide-ide bagi siswa yang belum didapat di bangku sekolahan.
2. Bekal pengalaman bagi siswa dalam menghadapi dunia kerja kelak, untuk mempraktikkan secara mandiri bekal ilmu yang di peroleh dari institusi pendidikan.
3. Siswa menjadi terampil dan terlatih saat melaksanakan proses penyerapan ilmu serta sebagai tolak ukur atas pencapaian materi yang telah dikuasai siswa.
4. Mendewasakan pola pikir dan sudut pandang serta melatih tingkat disiplinan siswa dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
5. Memperoleh informasi dari perkembangan dunia kerja di saat ini serta membangun kerjasama dan hubungan yang baik antara sekolahan  dan institusi yang bersangkutan.
I.3.2. Bagi Industri
1. Dapat memberikan ilmu kepada orang lain terutama bagi siswa yang sedang praktik kerja industri.
2. Meringankan beban yang punya industri karena ada  siswa yang membantu pekerjaan yang diberikan oleh kepala industri.


BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

II.1. Gambaran Umum Tempat Prakerin
II.1.1. Sejarah Singkat
Hero Digital Printing adalah sebuah usaha Percetakan yang di dirikan oleh Bapak Muhammad Ikhsan Heroza, pada tahun 2008 telah diresmikan gedung pertama di Kleco. Pada saat itu Hero Digital Printing memiliki 8 karyawan, seiring berjalannya waktu pada tahun 2011 harga sewa gedung tersebut telah naik kemudian kantor Hero Digital Printing pindah ke Jajar dan beberapa karyawan telah keluar dari Hero Digital Printing.
Hingga sekarang kantor Hero Digital Printing beralamatkan di Jl. Dr. Prof. Soeharso no. 88 Jajar, Surakarta. Mulai pindahnya kantor Hero Digital Printing ke Jajar, Bapak Ikhsan pindah ke Palembang karena sudah berkeluarga dan selaku pemilik Hero Digital Printing menyerahkan kepemimpinanya kepada Bapak Purwanto.

II.1.2. Visi dan Misi
A. Visi
Menjadi Perusahaan Digital Printing Profesional, dapat diandalkan, dan inovatif produktif yang dapat menghasilkan sesuatu nilai tambah baru yang dapat memberi manfaat, serta mampu membuka lapangan pekerjaan yang menguntungkan.
B. Misi
Menyelenggarakan pelayanan jasa cetak bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan dengan prinsip pelayanan yang memuaskan dalam hal kualitas/mutu, tepat waktu, pelayanan simpatik penuh tanggung jawab dan dengan harga yang wajar sehingga perusahaan dapat berkembang maju serta dapat mensejahterakan seluruh pihak yang berkepentingan baik pelanggan, karyawan, pemilik, mitra kerja dan masyarakat dilingkungan perusahaan dengan dasar etika usaha yang bersih, baik dan benar.



II.1.3. Logo Perusahaan dan Arti Logo


Gambar 2.1. Logo Perusahaan

Hero dalam Bahasa Inggris berarti pahlawan namun Hero berasal dari nama sang pemilik yaitu Bapak Muhammad Ikhsan Heroza, yang di maksudkan agar perusahaan ini menjadi pahlawan bagi pelanggan yang mendapatkan pelayanan yang baik dan hasil yang memuaskan.

II.1.4. Struktur Organisasi Perusahaan
Ini adalah bentuk organisasi perusahaan guna memperjelas tanggung jawab dan kewajiban tiap divisi yang ada dengan sistem kerja mereka yang telah di terapkan oleh perusahaan tersebut.


Bagan 2.1. Struktur Organisasi

II.2. Uraian Kegiatan
II.2.1.  Frontdesk
Di frontdesk ini digunakan untuk para customer memesan barang, memilih bahan yang akan digunakan, pembayaran, serta pengambilan barang.

II.2.2.  Desain
Di desain ini digunakan untuk para customer membuat, menentukan, desain yang akan dibuat nanti, pengeditan desain di perusahaan ini menggunakan Software CorelDRAW dan Photoshop.
Operator devisi desain harus dapat memenuhi pesanan konsumen dengan cepat dan tepat sehingga bagian ini harus di pegang oleh orang yang memiliki kemampuan dan pengalaman yang baik agar proses pendesainan berjalan lancar dan dapat memenuhi pesanan konsumen.

II.2.3. Produksi
Di bagian produksi digunakan untuk membuat produk-produk pesanan seperti kartu nama, mug, pin, gantungan kunci, dan finishing MMT.

II.3. Jadwal Kegiatan
II.3.1. Jam Kerja
Pelaksanaan jam kerja bertujuan untuk mencegah terjadinya karyawan yang alpa dan bertujuan untuk menciptakan manajemen waktu yang baik. Dalam melaksanakan kegiatan jam kerja di Hero Digital Printing adalah : Hari Senin s/d Sabtu masuk kerja meliputi sebagai berikut :
1. Masuk : pukul 08.30 WIB
2. Istirahat : pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB
3. Pulang : pukul 17.00 WIB

II.3.2. Jurnal Kegiatan
 Jurnal Kegiatan Terlampir



BAB III
PEMBAHASAN

III.1. Kajian Teori
III.1.1. Pengertian Percetakan
Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.
Banyak buku, koran, brosur, flyer dan majalah sekarang ini biasanya dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Image yang akan dicetak di print di atas film lalu di transfer ke plat cetak. Warna-warna bisa didapatkan dengan menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset sekaligus.
Teknik percetakan umum lainnya termasuk cetak relief, sablon, rotogravure, dan percetakan berbasis digital seperti pita jarum, inkjet, dan laser.
Dikenal pula teknik cetak poly untuk pemberian kesan emas dan perak ke atas permukaan dan cetak emboss untuk memberikan kesan menonjol kepada kertas.

III.1.2. Pengertian Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain)





III.1.3. Software CorelDRAW
CorelDRAW adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.
Kegunaan aplikasi CorelDRAW:
a. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
b. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
c.  Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
d. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

III.1.4. Software Adobe Photoshop
Photoshop adalah software yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas tinggi. Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang akhirnya membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis profesional.

III.2. Implementasi
Produk industri yang berkaitan dengan bidang multimedia, diantaranya: jasa percetakan, jasa periklanan, jasa pertelevisisan, dan lain – lain. Kali ini, penulis akan membahas tentang hasil produk yang bergerak di bidang jasa percetakan, sesuai dengan tempat PRAKERIN penulis. Berikut ini kegiatan yang penulis lakukan di Hero Digital Printing selama PRAKERIN, antara lain :

III.2.1. Membuat Kartu Nama
Kartu nama sangat penting untuk memperkenalkan perusahaan kita kepada publik dengan kertas kecil yang berisi pesan, deskripsi, logo dan kontak kartu nama bisa disebar luaskan dengan mudah. Berikut langkah-langkah untuk membuat kartu nama:
a. Langkah pertama kita buka aplikasi CorelDRAW untuk mendesain Kartu Nama.
b. Buat dokumen baru dengan ukuran 9 cm X 5,5 cm.
                        

                         Gambar 2.1. Kotak dialog Create New Document

c. Isikan nama, deskripsi, kontak, dan alamat pada lembar kerja dokumen. Gunakan Text Tool (tekan f8) untuk memberikan teks pada lembar kerja
     

       Gambar 3.2.  Mengisi nama, kontak, deskripsi, dan alamat
  
d. Berikan warna pada teks sesuai selera, dan tambahkan gambar sebagai pelengkap.
      

      Gambar 3.3. Pewarnaan dan menambahkan gambar

e. Berikan hiasan background agar terlihat lebih cantik.
        

     Gambar 3.4. Memberi background 
f. Desain kartu nama sudah selesai, seleksi semua objek (ctrl + a) kemudian Group Object (crtl + g), dan copy (ctrl + c).

          

           Gambar 3.5. Menggabungkan objek

g. Buat dokumen baru (ctrl + n) dengan ukuran A3 Extension, kemudian paste (ctrl + v) desain kartu nama yang sudah di buat tadi.
          

        Gambar 3.6. Dokumen A3 Extension

h. Gunakan Freehand Tool (f5) untuk membuat garis potong. Buat garis garis lurus dengan panjang 0,3 cm, duplikat garis tersebut kemudian buat menjadi siku kemudian buatlah seperti pada gambar dibawah ini
      

      Gambar 3.7. Membuat garis potong

i. Tempatkan garis potong tersebut di setiap sudut pada desain kartu nama dan gabungkan objek (ctrl + g) garis potong dan desain kartu nama
          

  Gambar 3.8. Setting garis potong

j. Penuhi dokumen lembar kerja dengan memperbanyak desain kartu nama tersebut, hingga seperti pada gambar di bawah ini.
         

Gambar 3.9. Setting layout

k. Kartu nama sudah siap untuk di cetak dengan kertas ukuran A3 Extension dan di potong menggunakan cutter dan penggaris besi, gunakan meja kaca atau di lantai keramik sebagai alas pemotongan. Potong sesuai pada garis potong menggunakan cutter.
          

     Gambar 3.10. Memotong kartu nama

l. Kartu nama sudah siap dan dimasukkan ke dalam box kartu nama.
               

          s  Gambar 3.11. Packing kartu nama kedalam box.

III.2.2. Membuat Mug
Mug adalah sebuah cangkir polos yang akan di sablon menggunakan transfer paper, mug sering diberikan sebagai hadiah ulang tahun, kenang-kenangan, dan lain-lain. Alat yang digunakan untuk membuat mug yaitu mesin press, printer, dan tinta sublim. Berikut langkah-langkah untuk membuat mug:
a. Buka aplikasi Photoshop untuk membuat desain.
b. Buat dokumen baru dengan ukuran 18 cm X 8,5 cm.


Gambar 3.12. Kotak dialog New Document

c. Import gambar background dengan cara klik File, Place Embedded, pilih gambar kemudain klik Place. Background  bisa di dapatkan di internet.


Gambar 3.13. Import Gambar

d. Berikan foto dan teks sesuai keinginan


Gambar 3.14. Memberikan foto dan teks


e. Untuk memberikan outline color pada teks klik kanan teks pada layer, pilih Blending Option, pilih Stoke, pilih warna sesuai selera dan atur ukuranya.


Gambar 3.15. Memberikan outline pada teks

f. Apabila desain mug sudah siap, Select All (ctrl+a) kemudian Copy Merged (shift+ctrl+c).
   

Gambar 3.16. Copy Merged

g. Buat dokumen baru dengan ukuran f4 / legal, dan tempelkan (ctrl+v) desain mug yang sudah dibuat. Atur layout desain mug seperti pada gambar di bawah ini. Jangan lupa untuk mencerminkan gambar dengan cara pilih menu image, image rotation, flip canvas horizontal.  

       

Gambar 3.17. Setting Layout

h. Cetak desain mug menggunakan transfer paper  dan tinta sublim.
i. potong kertas desain mug dan tempelkan pada mug menggunakan plester.


Gambar 3.18. Menempelkan desain mug

j. Siapkan mesin press mug, atur dengan suhu 200˚C dengan timer 3 menit.
k. Jika suhu sudah mencapai 200˚C masukkan mug kedalam mesin press dan tekan tombol mulai.


      Gambar 3.19. Memasukkan mug ke dalam mesin press

l. Matikan alarm timer dan angkat mug.
m. Masukkan mug kedalam box setelah mug dingin


Gambar 3.20. Packing mug kedalam box

BAB IV
PENUTUP

IV.1. Kesimpulan
Dalam hal ini komputer sangatlah penting dikarenakan sistem komputerisasi saat ini sangat membantu dalam proses produksi. Karena sudah jamannya era digital semua menjadi lebih praktis dan lebih mudah.
Pembelajaaran di dalam dunia kerja adalah suatu pengalaman bagi siswa untuk mendapatkan suatu ilmu dari tempat industri serta dapat menambah pengalaman untuk siswa dalam menghadapi dunia kerja, dengan demikian siswa mampu untuk mencoba hal baru yang belum pernah didapat disekolah.
Dengan adanya PRAKERIN ini penulis mampu mengembangkan ilmu yang telah didapat dari sekolahan maupun dari Industri dan menambahakan wawasan tentang pekerjaan secaran langsung walaupun itu dalam PRAKERIN sangatlah berharga bagi penulis. Atas kesempatan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa ( Allah ) sehingga penulis dapat menyelesaikan PRAKERIN dengan lancar tanpa suatu halangan apapun, serta penulis dapat menyelesaikan makalah Laporan ini dengan tepat waktu dan seksama.
IV.2. Saran
Sebagai penulis  hanya dapat memberikan sedikit saran untuk yang lainnya bahwa dalam dunia kerja harus bersungguh - sungguh dalam mengerjakan pekerjaan dari ketua industri maupun seniornya, disiplin dalam waktu berangkat maupun menyelesaikan pekerjaan/ tugas dengan tepat waktu, serta harus jujur karena dalam suatu pekerjaan itu yang dibutuhkan bukan hanya orang pintar tapi yang paling utama adalah kejujurannya tersebut, sehingga pemilik Industri dapat memberikan kepercayaanya kedapanya.


Daftar Pusaka
A. Wikipedia, Pengertian percetakan, https://id.wikipedia.org/wiki/Percetakan
B. Sekolah Jurnalistik Multimedia, 2016 Pengertian desain grafis, http://www.sjm.sch.id/p/desain-grafis-adalah-suatu-bentuk.html
C. Vicky, 2012 Pengertian dan kegunaan CorelDraw, http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-kegunaan-program-corel-draw/
D. Irvan Muhammad, 2012 Pengertian dan fungsi Photoshop, http://muhamad-irvansah.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-dan-fungsi-photoshop.html

Demikianlah Contoh Laporan Praktik Kerja Industri di Percetakan Digital Printing, bagi teman-teman yang ingin Laporan tersebut dalam format DOCX silahkan hubungi saya melalui WA 08985677121 atau email ke yusrildimas26@gmail.com

*Kata Kunci:
Laporan PKL di Percetakan
Laporan Prakerin di Percetakan
Laporan PKL di Desain Grafis
Laporan Prakerin di Desain Grafis
Laporan PKL di Digital Printing
Laporan Prakerin di Digital Printing
Contoh Laporan PKL di Percetakan
Contoh Laporan Prakerin di Percetakan
Contoh Laporan PKL di Desain Grafis
Contoh Laporan Prakerin di Desain Grafis
Contoh Laporan PKL di Digital Printing
Contoh Laporan Prakerin di Digital Printing
Download DOC Laporan PKL di Percetakan
Download DOC Laporan Prakerin di Percetakan

2 comments: