Sunday 25 November 2018

Bagian-bagian Menu & Tools pada Corel Draw dan Fungsinya

Bagian-bagian Menu, Tools, Area Kerja pada Corel Draw Lengkap Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Pada Software Corel Draw terdapat bagian-bagian menu atau tool yang memiliki fungsinya masing-masing, nah disini AYFame Productions ingin membagikan artikel sesuai judul diatas dengan lengkap

Tampilan Area Kerja CorelDraw by AYFame Productions
Tampilan Area Kerja CorelDraw


  1. Title Bar : Berfungsi untuk menampilkan nama file yang sedang dibuka.
  2. Menu Bar : Bagian ini merupakan barisan menu yang ada, antara lain : File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window serta Help. 
  3. Toolbar : Berisi berbagai ikon atau perintah-perintah yang terdapat dalam menu bar.Untuk memudahkan pengoperasian perintah terhadap suatu objek,maka CorelDraw menampilkan berbagai toolbar yang sering digunakan untuk sebuah operasi.
  4. Property Bar : Berisi ikon drop down list untuk mengatur parameter atau objek yang sedang aktif.Tampilan property bar akan berubah sesuai dengan objek yang dipilihnya.
  5. Windows Control : Berisi ikon yang berfungsi untuk meminimalkan,memaksimalkan tampilan,hingga tampilan penuh memenuhi layar computer,dan menutup atau keluar dari lembar kerja CorelDraw.
  6. Toolbox : Merupakan barisan tool yang digunakan untuk membuat, mengedit, mengatur gambar pada lembar kerja CorelDRAW.
  7. Drawing Window : Berfungsi sebagai tempat untuk mengolah suatu objek,berbentuk sebuah kotak persegi panjang mirip dengan tampilan selembar kertas yang mewakili ukuran kertas pada saat objek dicetak.
  8. Drawing Page : Merupakan halaman yang dapat dicetak,yaitu lembar kerja CorelDraw X5 yang berfungsi untuk mendesain suatu objek.
  9. Ruler : Digunakan sebagai alat ukur saat membuat objek pada halaman kerja.Aktivitas pointer mouse pada halaman kerja akan menampilkan garis titik pada horizontal dan vertical ruler.
  10. Color Palette : Digunakan untuk memberi warna fill atau outline pada objek.
  11. Document Navigator : Ini terletak di kiri bagian bawah Drawing window yaitu berisikan alat Control agar halaman dapat berpindah dari halaman gambar satu ke halaman gambar berikutnya.
  12. Status Bar : Bagian ini bertujuan untuk menyampaikan informasi posisi kursor berada dan operasi apa yang kita jalankan.
  13. Navigator : Tombol berguna untuk Open Drawing window dengan ukuran minimalis. Tombol ini terletak di bawah pojok kanan dan bisa membantu kita dalam bergerak ke gambar yang kita kerjakan.
  14. Docker : Bagian ini mempunayi perintah dan sangat simpel fungsinya hanya mengatur secara relevan pada tool – tool tertentu saja.
  15. Page Navigator : Berfungsi untuk menambah halaman drawing window.
  16. Scroll Top/Bottom : Fungsi navigasi yang digunakan untuk melihat layar drawing window keatas atau kebawah.
  17. Scroll Left/Right : Fungsi navigasi yang digunakan untuk melihat layar drawing window kekanan atau kekiri.










1 comment: